Saturday, 18 March 2017

5 Hal Unik di Wisata Kenjeran Park


Sebuah tempat yang terletak ditengah kota Surabaya, dengan keunikannya. Setelah pindah ke Surabaya kurang lebih 4 bulan karena urusan pekerjaan, dalam pikiranku, Surabaya tak memiliki banyak hal menarik selain ini adalah sebuah kota besar di jawa yang dibalut oleh pabrik dimana-mana. Namun berbeda ketika akhirnya setelah diberi tahu oleh beberapa teman tentang Kenjeran, saya penasaran seperti apa sih Kenjeran itu. Apa hanya sekedar sebuah wahana bermain atau bisa lebih daripada itu.

Saya tak terlalu tertarik dengan wahana bermain Wisata Kenjeran Park yang disediakan diantaranya arena berkuda, waterpark / pemandian, kolam pemancingan, sirkuit balap gokart yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Sedangkan saya lebih tertarik berjalan berkeliling kenjeran Park yang seperti ala-ala Negara Tirai Bambu China juga ada beberapa tempat yang seperti Disney Land dan jejeran naga. Area Kenjeran sangat luas, dengan mengelilingi wisata tiruan Negara Tirai bambu ini, membuat akhirnya menemukan 5 Hal unik yang ada di Kenjeran Park ini. 


1. Klenteng Sanggar Agung dengan Patung Dewi Kwan Im di tepi laut.
Begitu sampai depan Klenteng Sanggar Agung sudah dihiasi dengan jejeran naga berwarna-warni di depan Gerbang, begitu masuk akan kita temukan klenteng tempat beribadah umat tridharma dengan bunga teratai putih besar menghiasi bagian depannya dan kiri kanan berjejer baliho cantik seperti di china. 
Gerbang Dewi Kwan in
Depan Klenteng Sanggar Agung
Di dalam Klenteng

Tanpa saya sangka saat masuk di pintu kecil di dalam gedung dekat tempat persembahayangan, jalan keluarnya malah ke tempat terbuka dengan hiasan gerbang besar, yang dihiasi dengan dua naga saling berhadapan, dan Dewi Kwan Im yang menghadap ke laut. Menjadi Objek foto yang sangat apik, karena ada background Laut yang tidak kalah memukau. Naga-naga itu terlhat sempurna berbeda dengan di kota Bau-bau yang naganya terpisah-pisah badannya yang menjadi icon dan cerita tersendiri dari kota bau-bau.

2. Patung Budha empat Wajah, Replika Budha Catur Muka di Thailand. 
Sebelum masuk ke Klenteng Sanggar Agung, Taman didepan tak kalah apik. Ada Patung Budha empat Wajah yang merupakan replika Budha Catur Muka di Thailand, tak perlu ke Thiland untuk melihatnya karena di Kenjeran Park Surabaya pun ada hahahhaa....
Budha empat wajah
Patun Gajah Mada

Berjalan sedikit ke kiri dapat kita temukan patung gajah mada. Sekitar taman yang rimbun oleh pepohonan, dihiasi patung-patung gajah besar juga ada rumah-rumah ala negeri china. hahahaha untuk ukuran taman bermain ini sangat indah, seperti satu area melewati beberapa negara.

3. Pagoda Tian Ti, Tiruan Bangunan Timple of Heaven di Tiongkok China.
Jangankan Thailand, kamu pun bisa ke Negara Tirai Bambu China kalau di Kenjeran hahhaa... Dapat kita temukan Pagoda Tian Ti, Tiruan Bangunan Timple of Heaven di Tiongkok China. Bangunan ini sangat bessar dan terlihat begitu mirip dengan aslinya. Dari Klenteng Sanggar Agung menuju Pagoda lumayan jauh jaraknya.
Sang Pagoda
Gerbang masuk Pagoda

Gasebo-gasebo cantik menghiasi sepanjang klenteng
Saat itu untuk sekedar seru-seruan saya naik memilih naik kereta kelinci bersama anak-anak kecil. Kereta kelinci bisa di naiki anak kecil ataupun orang dewasa yang ingin berkeliling Kenjeran hingga pantai Kenjeran. Naik kereta kelinci Rp. 5000,-/orang.

4. Gedung-gedung seperti Dunia Impian Disney Land
 Tak jauh dari Pagoda terdapat jejeran tempat makan seperti food court, tapi dihiasi dengan gedung-gedung warna-warni seperti di disney land. Gedung yang dirancang seperti permen warna-warni, seandainya bisa konsep foto ala princes pasti keren sekali ini.
Welcome the world of pink

Disney Land


5. Ritual Buang sial dengan Melepas Burung Pipit
Menjadi sebuah kebiasaan Jemaah Klenteng Agung untuk melepaskan burung pipit di belakang klenteng, sebagai sebuah Ritual dapat membuang nasib buruk. Konon katanya jumlah burung yang di lepas sesuai dengan usianya. Namun jika terlalu tua, maka diijinkan meepas burung sesuai jumlah usiana saja.
Ritual pelepasan Burung Pipit
Burung pipit yang habis dilepaskan

tempat penjualan burung pipit

Ritual ini diawali dengan doa setelah itu dilepaskanlah burung-burung pipi itu tepat di belakang klenteng, pas di gerbang besar dewi kwan im yang berada tepat berhadapan ke arah laut. Sebelum kita masuk dapat kita jumpat banyak penjual burung dengan tarif Rp. 1500,-/burung. Hal inilah yang kadang juga menjadi mata pencarian masyarakat sekitar.

Untuk tiket masuk kawasan sebesar Rp. 15.000,-/ motor. Saat di dalam Kenjeran Park tak perlu bayar apapun lagi untuk masuk ke lima tempat unik di atas, kamu hanya perlu bayar parkir. Ohyaa Pantai Kenjeran juga lumyan apik. Tak ada salahnya berjalan-jalan menelusuri kota besar kali aja dapat menemukan hal baru. Hal seru dan Unik di antara Hal Mainstream yang sudah ada.

No comments:

Post a Comment