Friday, 24 February 2017

Menyelami Surga Kecil di sebelah Barat Pulau Bali, Pulau Menjangan, Bali Barat



Siapa yang tak kenal Pulau Bali yang terkenal dengan sebutan Pulau Dewata, Pulau Bali bukanlah lagi sebuah destinasi langka, tapi sudah menjadi destinasi wajib orang Indonesia. Bukan hanya Orang Indonesia bahkan para turis pun berbondong-bondong menginjakkan kaki di Pulau Dewata ini. Di postinganku sebelumnya, saya sempat bercerita tentang sisi lain sebelah tenggara Pulau Bali yaitu No Plan VS 3 Nusa Bali (Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan). Tapi ternyata Sebelah Barat Pulau Bali tidak kalah mengagumkannya, Pulau Menjangan, Bali Barat. Pernah Dengar? hahaha saya sendiri baru paham kalau ini masih bali ketika sudah berada disana, Mungkin karena perjalanan menuju ke pulau menjangan ini lewat jalur darat terasa tidak terlalu jauh dengan harga yang ramah di kantong, tanpa harus flight ke Bandara Ngurah Rai Bali. 
Yang menjadi racun di antara para penyelam bahwa pulau menjangan ini adalah Wall Diving terbaik Di Bali. Bahkan menurut News Discovery, Menjangan masuk dalam 10 tempat penyelaman terbaik di Dunia.. Wow.. Betulkah itu? Penasaran, Coba ikut bersamaku menyelami Surga Kecil di Sebelah Barat Pulau Bali ini, Pulau Menjangan, Bali Barat.


Jenuh yang meliputiku begitu meninggalkan Kota Makassar yang begitu kaya dengan Pulau-pulau Spermondenya, yang hampir bisa dikunjungi tiap minggu dengan biaya yang begitu ramah dengan kantong para backpacker, membuatku ingin mencari dimana tempat indah yang bisa disajikan Pulau Jawa ini padaku. Sekedar sharing dengan teman club diving baruku di Surabaya A2DC (Arek-arek Diving Club) disitulah akhirnya saya mengetahui tentang Pulau Menjangan ini.  

Jika merasa sulit untuk pergi ketempat-tempat wisata di Pulau Jawa ini untuk orang baru, maka bisa mengikuti agen travel yang banyak menawarkan destinasi wisata sesuai yang kita inginkan dengan harga yang cukup terjangkau. Namun lebih asik lagi jika backpackeran kesana, selain murah juga lebih terjangkau.


Menjangan berjemur dipantai (Sumber : Balipassion.net)

Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang terletak 5 mil barat laut pulau Bali dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau menjangan memiliki bentang alam yang indah serta alam bawah laut yang mengiurkan bukan hanya bagi para penyelam tapi juga para penikmat keindahan. Disebut Pulau Menjangan yang bahasa sekitar "Menjangan" yang berarti "Rusa/ Kijang" karena di pulau ini terdapat banyak populasi kijang atau menjangan, yang terkadang dapat kita lihat rusa-rusa liar yang bermain-main cantik di pinggir pantai atau bahkan menyeberang ke pulau dengan cara berenang.

Pulau menjangan konon tempat Diving terbaik yang paling dicari oleh para penyelam. Jika berada di menjangan, pemandangan yang begitu lumrah yaitu turis-turis asing yang menenteng wetsuit, mask dan snorkel mereka, sambil berpindah kapal yang berisi tabung-tabung oksigen. Di pulau menjangan inilah pertama kali kegiatan menyelam serius di jalankan di Bali, jadi merupakan hal biasa jika di temukan beberapa Dive Center dengan perlengkapan yang memadai, mudah di temukan di Pulau ini.
Transportasi ke Menjangan 


" Ini masih Bali ya..?? " Itu adalah pertanyaan pertama yang terlontar dari mulutku begitu menginjakkan kaki di Pelabuhan Gilimanuk. Hahaha maklum saja, buatku yang orang sulawesi pikirnya kalau ke bali harus flight ke Bandara Ngurah Rai Bali, itu baru Bali. Tapi ternyata juga bisa mengunakan alternatif darat dan hanya menyeberang sebentar sudah sampai ke Pulau Menjangan. Nahh caranya??

Saya memulai perjalanan Jumat malam dari Surabaya menuju ke Banyuwangi lalu menyeberang ke menjangan, dengan rencana pulang ke surabaya minggu malam. kalian dapat berangkat ke Pulau menjangan dengan menggunakan alternatif beberapa transportasi, seperti :

1. Kendaraan Pribadi 
Perjalanan yang ditempuh dengan menggunakan kendaraan Pribadi berupa mobil atau motor dari Surabaya ke Banyuwangi kurang lebih sekitar 6 jam, hanya perlu mengeluarkan biaya bensin saja. dan setelah itu menyeberang dengan kapal ferry yang bisa mengangkut kendaraan pribadi anda.

2. Travel Bus
Selain membawa kendaraan sendiri, lebih nyantainya lagi jika naik bus travel yang berangkat mulai dari Terminal Bungurasih, pemesanan bisa langsung di terminal atau lewat online bosbis atau redbus. Kisaran harga mulai 200ribuan/Orang bisa di cek langsung lewat online. Atau bisa langsung di Bali Jaya Trans (contact person ada di paling bawah) dan kira-kira sudah include dengan penyeberangan. 

3. Kereta Api 
Kereta Api adalah transportasi paling menyenangkan buatku, bisa bersantai sambil menikmati pemandangan yang di lewati kereta. Pemesanan tiket kereta bisa lewat online di Kereta Api KAI setelah itu bisa lanjut dengan mengunakan kapal ferry, dan begitu sampai di Pelabuhan Gilimanuk bisa naik transportasi umum. 

4. Kapal Ferry Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk
Setelah sampai di Banyuwangi, dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi lalu menyeberang menggunakan Kapal Ferry yang merupakan fasilitas penyeberangan lalu lintas antar Provinsi yang disediakan oleh pemerintah menuju ke Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana yang melintasi Selat Bali. Tarif Penumpang Dewasa hanya Rp. 6.000, Penumpang anak-anak Rp. 4.000,-, jika bawa kendaraan motor Rp. 7.000,- dan Jika Kendaraan Mobil Rp. 23.000,-. Jika naik Travel Bus atau mobil penumpang bisa sekalian include dengan biaya penyeberangan. 
view dari dalam kapal dan pemandangan pelabuhan ketapang

Transportasi yang ditawarkan murah meriah dan bisa sampai di Menjangan ataupun Bali tanpa flight hahaha Pulau Jawa memang the best kalau soal fasilitas. Jika berangkat malam, sepanjang malam bisa menghabiskan waktu di perjalanan dan melakukan penyeberangan di pagi hari hanya dengan waktu tempuh penyeberangan selama kurang lebih 1 jam.

Destinasi Wisata 
Destinasi terbaik Pulau menjangan adalah pemandangan bawah lautnya, selain itu matahari terbitnya sangat memukau. Dengan kondisi laut bening, langit yang biru visibilitas yang sempurna, tak heran jika Pulau Menjangan menjadi surganya para penyelam bertaraf Internasional.

1. Spot Penyelaman
berfoto sebelum ke site penyelaman
Beberapa Spot terbaik menyelam di menjangan yaitu :
1.      Secret bay
Dengan pemandangan laut yang luar biasa dan juga keanekaragaman terumbuh karang, spot Secret bay ini sangat cocok buat kalian para photographer pencinta micro.  
2.      Eel Gardens
Spot ini sering disebut spot terbaik Karena walau di kedalaman 40 bahkan masih dapat melihat beragam biota laut.
3.      Anchor Wreck
Seperti namanya, di spot ini terdapat bangkai kapal yang tenggelam saat terjadi perang dunia ke II pada abad ke-19. Sebenarnya masih banyak lagi spot diving keren, dengan entri yang berbeda tiap spot.

2. Pemandangan Pura Ganesha
Berfoto di atas kapal dengan background patung Ganesha

Kurang lebih ada 8 buah pura di Pulau Menjangan ini, Salah satunya adalah Pura Ganesha yang menjadi Ikon Pulau Menjangan. Pura ini dihiasi patung ganesha besar yang menghadap ke laut lepas yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai penjaga perairan Bali agar tetap aman dan indah. Pura Ganesha ini sering digunakan untuk tempat beribadah umat hindu, dan oleh Karena itu pulau ini termasuk tempat yang disakralkan. The best dari pemandangan ini adalah saat di atas kapal kita bisa berfoto cantik dengan pemandangan patung Ganesha Raksasa ini, yang begitu indah dengan banyak bunga-bunga menghiasi warna putih polos patung yang terlihat bersinar jika dari jauh.

3.Sunrise Pulau Menjangan
Sunrise Pulau Menjangan

Saat itu kami menginap di Sumberkima Hill Villa, villanya cukup besar dan indah di tata dengan begitu apik, bisa di tinggali oleh beberapa orang, kebetulan waktu kami datang agak banyak yaitu 7 orang, jadi tempatnya cukup buat kami. Selain kamar yang disusun dengan rapih, juga fasilitas dan pemandangan di balik kolam renang yang begitu indah ditambah dengan sunrise ketje yang muncul di pagi buta. Sengaja kami bangun pagi untuk bisa mengambil moment terbaik dari Sunrise Pulau Menjangan dari sudut yang berbeda.  
Penginaapan Sumberkima Hill Villa
view pemandangan penginapan villa

Bagaimana? Tertarik dengan keindahan Pulau Menjangan, ingin kesana, jangan ditunda, langsung cuss aja.. Perjalanan yang ditempuh murah meriah, dan segalanya ada. Anda hanya butuh keberanian untuk bisa sampai ditempat ini, seperti halnya saya orang sulawesi yang sakau laut, yang akhirnya mencari teman dan bisa menginjakan kaki di Surga kecil sisi berbeda sebelah barat dari Pulau Dewata, yaitu Pulau Menjangan, Bali Barat.

Hayohhhh lihat video di bawah ini biar kalian mupeng juga pengen ke Menjangan. Jangan lupa call me, alias ajakin saya juga yaa hehehe... masih pengen saya kembali Pulau Menjangan lagi. Selamat menikmati dan semoga racunnya bermanfaat hehehe... 

Mampir lihat video youtubeku, tentang perjalanaanku ke menjangan mulai dari darat hingga lautan


Contact Person :
Travel Bus, Bali Jaya Trans (0853 7008 9090)
Dive Center menjangan, Bli Heri (081515514262/ 085237762199)

No comments:

Post a Comment