Saturday, 20 February 2016

TRAVELMATE





Ketika rasa jenuh saat itu muncul dan rasanya dunia sudah agak tak seru lagi, ingin kemana lagi ingin mencari apalagi dan disitulah saya bertemu mereka… Jika belum bisa menemukan sosok soulmate atau teman hidup namun telah kutemukan sosok Travelmateku atau mereka yang kusebut teman seperjalanan atau selayaknya sebuah keluarga baru…




Flashback, Awal kami bertemu lewat suatu aplikasi obrolan yaitu BeeTalk, Dulu saat saya penempatan di Banjarmasin Kalimantan Selatan, saya pernah menggunakan aplikasi ini hanya sekedar mencari teman di suatu daerah yang baru saya tinggali, setelah 2 tahun dilempar kesana kemari mulai dari daerah terpencil hingga ke daerah yang agak kota sedikit, hingga akhirnya saya kembali ke Makassar dengan menemukan bahwa begitu banyak perubahan. Agak bosan dengan rutinitas kerja yang hari-hari mengulangi hal yang sama membuat saya kembali mendownload aplikasi BeeTalk. Agak terkejut ketika melihat bahwa aplikasi ini sudah agak berkembang yaitu bukan hanya menemukan orang tapi juga seperti grup komunitas yang bisa kalian pilih sesuai hobi kalian.

Disitulah saya masuk dan bergabung di Grup Travelmate Makassar yang beranggotaan sekitar 70 orang. Grup ini seperti halnya sebuah grup tempat ngumpulnya orang-orang yang punya hobi yang sama yaitu Traveling. Baru 2 hari saya bergabung ternyata mereka sudah menyusun jadwal Kopdar dan membahas soal Trip selanjutnya yaitu Pulau Langkadea yang ternyata kemudian beralih ke Pulau Podang-podang Caddi. Kopdar pertama awal bertemu mereka masih terasa asing karena ternyata banyak dari mereka bukan dari grup travelmate tapi dari komunitas Black_Packer dan mungkin karena kami sehobi dengan mudahnya kami bergaul satu sama lain. Saat Trip pertama kami, yang bisa kalian baca keseruannya disini (http://warnahiduptashya.blogspot.co.id/2015/05/podang-podang-cakdi-island-with.html?m=0),kami mulai mengenal satu sama lain dan ternyata mereka sangat menyenangkan. Kesininya kami mulai sering melakukan banyak trip bersama, entah itu Trip Sinjai (http://warnahiduptashya.blogspot.co.id/2015/06/kebersamaan-dan-keindahan-di-pulau.html), Trip kodingareng keke, Trip Pulau Lakkang (http://warnahiduptashya.blogspot.co.id/2015/05/travelmate-makassar-ala-japanies-style.html), Pulau Labengki kendari (http://warnahiduptashya.blogspot.co.id/2016/01/mniatur-raja-ampat-pulau-labengki.html), Pulau Langkadea, Pulau Samalona, mengeksplor Bulukumba, Air terjun Lacola, Gua Bulu Sipong, Selayar (http://warnahiduptashya.blogspot.co.id/2016/01/pesona-kepulauan-selayar.html), Wakatobi, bahkan kebersamaan yang membuatku mendaki kembali ke puncak bawakaraeng dan masih banyak lagi ataukah yang tiap minggunya kami berkumpul hanya sekedar kangen dan ingin berbagi cerita….

Sebelum ini saya mungkin pernah beberapa kali bercerita tentang perjalananku bersama mereka yang entah sudah kutuliskan ataukah bahkan belum sempat ku tuangkan dalam tulisan, tapi baru kali ini saya ingin bercerita tentang mereka yang kusebut travelmate bukan hanya karena grup yang bernama travelmate karena tidak semua anggota dalam grup itu kami kenal ataukah seakrab kami sekarang karena begitu banyaknya tapi hanya beberapa yang benar-benar aktif dan disitulah saya mengenal dan masuk dalam komunitas Black_Packer…

Tapi bagiku menyebut mereka Travelmate karena mereka bukan hanya teman seperjalanan tapi kini layaknya seperti sahabat yang melebihi sebuah keluarga.
Mereka yaitu Ovhy yang gonggolo tapi selalu berani menegur sahabatnya jika ada yang salah, Dharma yang selalu sigap dan peduli tapi terkadang kekanak-kanakan mungkin karena dia yang termuda, Aya yang peduli sama temannya tapi masih labil , Ina yang hangat bagai Baymax yang selalu siap maju duluan melindungi kami, Kak Gilang yang perhatian dan tidak banyak bicara tapi sebenarnya BAWEL, Kak Ippang yang seperti perlengkapan berjalan yang selalu siap menolong dikala apapun, Kak jiet Button lelaki PHP tapi selalu on time yang menjengkelkan tapi selalu mendukung kami duluan, Kak Rijal yang bijaksana dan diTUAkan tapi suka ngerjain, Widwar yang selalu mengingat setiap cerita konyol yang terjadi dan selalu menceritakannya kembali dengan lebih seru, Wilson yang selalu tersenyum dikala apapun, dan Kak Onank yang kadang konyol tapi serius dan selalu siap jika kami membutuhkan bantuan, sebenarnya masih ada lagi tapi kurasa merekalah yang terbait hahaha dan jika mengingat segala kekonyolan kami seperti tak ada habisnya dibalik semua cerita yang pernah kami lewat bersama selama melakukan trip.  Saling memaki dengan panggilan sayang yaitu "Sapi" tapi tak ada yang saling tersinggung, mempunyai masing-masing sifat yang berbeda pula, namun itu melengkapi kami dengan satu tujuan, yaitu pergi dan melakukan perjalanan mencari keindahan.

Belum setahun kami bersama tapi beberapa perjalanan dan kebersamaan melebihi segalanya, membuat kami lebih dekat bahkan tak melihat salah satu dari kami sebagai orang lain. Mungkin ini yang disebut Jodoh.. Dikala beberapa kali saya bertemu dengan teman-teman yang asik diajak traveling lalu kemudian saya harus ditempatkan diluar kota dan akhirnya kami hilang kontak, namun kali ini berbeda. Awal bertemu mereka, saya hampir ditempatkan di Jakarta, namun entah karena kerjaan di makassar sudah mulai saya tidak jadi ditarik dan tetap bersama mereka hingga sekarang, dan baru kali ini saya betah tinggal di Makassar. Entah itu kami saling menolong, saling berbagi, saling menjaga, saling merayakan hari special kami yang merupakan hari ulangtahun kami, dan yang mengherankannya kami semua senasib yaitu Jomblo hahaha kecuali kak Rijal karena sudah berkeluarga. Bersyukur bertemu mereka…

Tiap orang yang kita temui pasti punya peran dalam kehidupan kita, Entah mereka akan berlalu begitu saja ataukah mereka yang tetap tinggal dengan mengingat apa yang telah kita lewati bersama…

 

Pejalanan yang kita lewati tidak mudah, entah itu kita menyelami lautan ataukah mendaki Gunung namun kebersamaan dan waktu itu adalah sesuatu yang mahal harganya.
Sosok Travelmate bukan sebuah grup itu hanya media tapi Travelmate adalah mereka yang kusebut Sahabat lebih dari layaknya Saudara bagai sebuah keluarga dengan satu tujuan dan selalu peduli satu sama lain.

Thanks My Travelmate

Ovhy


Dharma


Aya
Ina


Kak Gilang

Kak ippang


Kak Rijal
Widwar
Wilson


Kak Jiet Button
 \
Kak Onank
Dan
buat mereka yang telah melewati beberapa perjalanan bersama kami namun tak tersebutkan.

Tetaplah bersama dan tetaplah peduli karena jika orang lain melewati hal yang biasa tetapi kita sudah melewati banyak hal yang luar biasa bersama, bukan hanya lewat perjalanannya dan mengenai sebuah kebersamaan tapi selalu punya cerita didalamnya yang membuat kami akan saling tertawa bersama jika mengingatnya.

Jiwa yang sesungguhnya dalam sebuah perjalanan adalah kenangan yang tak tergantikan.

3 comments: