Wednesday, 2 April 2014

Sensasi Mamasa - Sulawesi Barat

Hay.. Lama tak jumpa..

Sudah setengah tahun lebih ini, saya pindah ke Mamasa...
Mamasa adalah sebuah Kabupaten di provinsi Sulawesi Barat.
Sebuah Daerah dingin yang berkawasan disekitar pegunungan.
Daerah yang baru mau berkembang karena baru menjadi kabupaten. tapi punya banyak potensi didalamnya.
Satu hal yang terkenal saat orang menyebut kabupaten mamasa yaitu Medan jalannya yang begitu buruk.

Jalan yang ditempuh dari kota Makassar hingga Polewali begitu bagus, akan tetapi saat memasuki kawasan Kabupaten Mamasa, maka semua orang akan mengeluh akan jalan yang hanya dapat dilewati oleh mobil penumpang sejenis kijang atau avansa ataupun bus mini.
Waktu yang bergilir dengan begitu cepat membuat diriku belajar menyesuaikan diri dan mudah bergaul dengan teman-teman baik itu yang seumur maupun tidak.
entah teman-teman yang bersama dikantor yang kebanyakannya dari kalangan bapak-bapak ataupun ibu-ibu. ataupun teman-teman dari kegiatan BanSos Balai Irigasi yang ku ikuti...
Banyak pengalaman berharga yang kudapat di kabupaten mamasa ini..
Jauh dari Orangtua dan keluarga dekat membuatku menjadi orang yang lebih peduli pada keluarga...
Bersyukur dengan mudahnya berbaur dan bergaul dengan orang-orang baru memudahkanku untuk beradaptasi di kota yang kecil ini.

Dan yang merupakan tantangan besar yaitu, ada kegiatan bansos yang ditugaskan, dengan harus musyawarah ke desa-desa dengan jalan yang begitu rusak ke desa-desa dan juga harus berbaur dengan masyarakat desa yang bahkan bahasa daerahnyapun tidak terlalu kumengerti.
Ada 7 desa yang saya pegang bersama patner yang telah diSK kan bersama-sama. Yaitu Rambusaratu-kec. Mamasa, Lisuan Ada-Kec. Sespa, Tadokalua-Kec. Tabang, Salumokanan Barat-Kec. Rantim, Salubalo-Kec. Mehallaan, Buangin-Kec. RanTim, Balambang-Malabo.
Lokasi yang terpencar dan tidak dekat, namun jauhnya dan lokasi irigasi yang rawan karena daerah persawahan.. naunjubilahhhh..

Disinilah imanku diuji dan doa yang tak henti selalu terucap, agar Tuhan selalu menjaga dan menyertaiku dimanapun diriku berada. karena ini adalah kosekwensi dari pilihan hidup yang saya pilih. Tapi puji Tuhan semuanya dihargai setimpal dengan apa yang saya kerjakan, baru kali ini saya mendapat pelajaran penting dan mendapat penghasilan yang mungkin berkali lipat dari gajiku yang terdahulu. hahahhaha Semuanya hanya ucapan Syukur dan Terima Kasih Buat Berkat Tuhan yang tak henti-hentinya.

Banyak pelajaran penting ku dapat dengan merantau selama di Mamasa ini.. bagaimana menyesuaikan diri dengan orang-orang yang baru ku kenal.. dan akhirnya dekat denganku.. bagaimana membentuk diri dan belajar akan banyak hal yang dulu tidak ku ketahui tapi karena harus di tahu makanya harus di pelajari secara otodidak...
Yahh tak ada yang buruk dalam jalan Tuhan.. Tuhan selalu memberikan bukan apa yang kira inginkan tapi apa yang kita butuhkan.. Entah itu untuk lebih mendewasakanmu ataukah untuk lebih menguatkanmu....



5 comments:

  1. Wah sy kira tommi sampai di Desa Rante Pongkok. Sekalian ke Gunung Gandang Dewata meki.

    ReplyDelete
  2. hahhahaa behh itu aja sy uda ujung pukul ujungnya mamasa kak Imo.. wihh di Dinas Bencana alam tuh ada foto mayat pendaki anak UIN yang pernah meninggal kak digunung gandang dewata hahaha... Gandang dewata masih salah satu gunung ter-ekstream yang jadi impiannya para pendaki :)

    ReplyDelete
  3. Ngerinya. Takut ku baca ki komentnya. Berrr.

    ReplyDelete
  4. hahahhaha bisa aja nih kak imo :))

    ReplyDelete